Olahraga Tradisional Indonesia yang seru

Olahraga yang tidak asing dijaman now seperti basket, futsal atau sepakbola. Mungkin anak-anak sekarang sudah jarang memainkan jenis olahraga tradisional. Terdapat beberapa jenis olahraga tradisional seperti lompat batu pulau nias, karapan sapi, enggrang, tiban, silat, jemparingan dan mendayung.

Berikut jenis olahraga Tradisional yang ada di Indonesia, mungkin akan tertarik akan olahraga-olahraga tradisional tersebut

1. Pencak Silat

pecak silat
Jika Jepang punya karate dan Cina punya kungfu, maka Indonesia punya pencak silat khas orang-orang dari rumpun melayu sehingga Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam . Pencak silat sendiri masih mengandung unsur-unsur bela diri, pencak silat populer karena mudah dipelajari dan berguna untuk mempertahankan diri.

2. Karapan Sapi

karapan sapi
Karapan sapi merupakan olahraga aduan sapi yang terdapat di pulau Madura. Olahraga tradisional yang satu ini merupakan olahraga yang mirip dengan pacuan kuda, hanya berbeda pada binatang yang digunakan dalam perlombaan. Dua ekor sapi akan diikat pada bajak yang tak memiliki bilah pisau dan pada bajak tersebut akan dinaiki oleh seorang joki yang mengendalikan laju sapi dari garis awal hingga finish. Olahraga ini sebenarnya diciptakan dari cara petani-petani membajak sawahnya dengan bantuan sapi.

3. Egrang

egrang
Enggrang juga merupakan salah satu olahraga tradisional berasal dari Jawa. Meskipun belum termasuk olahraga resmi, enggrang populer di masyarakat karena tergolong olahraga yang sederhana dan menyenangkan. Anda hanya perlu sepasang bambu panjang berukuran kecil yang cukup kuat untuk menahan berat badan Anda dan sepasang kayu kecil untuk dipasangkan ke bambu dan berfungsi sebagai pijakan.

4. Pacu Jalur

pacu jalur
Pacu Jalur adalah satu-satunya olahraga tradisional yang dilakukan di atas air berasal dari Riau. Para awak perahu juga mempunyai tugasnya masing-masing, dari komandan yang memberikan instruksi, pengemudi perahu, para pendayung hingga penyanyi yang berfungsi menentuka irama kayuhan para pendayung dengan lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Untuk menambah semarak suasana, tiap-tiap perahu dihiasi dengan dekorasi yang menarik dan berwarna, umumnya bertema naga.

5. Tarik Tambang

tarik tambang
Olahraga ini juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya. Anda cukup menyediakan satu tali tambang yang cukup panjang untuk ditarik oleh dua tim, biasanya minimal terdiri dari lima orang untuk masing-masing tim. Permainan dimulai dengan tali tambang berada pada titik tengah dan setiap anggota masing-masing tim memegang tali tambang di masing-masing sisi. Setelah peluit dibunyikan, kedua tim akan mencoba menarik tali tambang tersebut. Adu kekuatan akan terjadi dan tim yang tertarik ke titik tengah akan kalah.

Comments are closed.