Hidup Sehat Tanpa menggunakan MSG pada Makanan

Suka menggunakan MSG atau Micin pada makanan agar rasanya tambah nikmat? Banyak yang beranggapan kalau memasak tanpa ada penyedap rasa masakan kurang sedap. Penyedap rasa lebih sering disebut Micin yang dimembuat makanan jadi lebih gurih.

Nama lain dari penyedap rasa adalah Monosodium Glutamat (MSG) merupakan garam yang paling stabil yang terbentuk dari asam glutamat dan salah satu bahan penyedap terbaik dalam memberikan cita rasa gurih dan penguat cita rasa makanan.

Tidak ada salahnya bagi anda mencoba mengurangi penggunaan MSG sedikit demi sedikit. Sebagai gantinya, anda bisa memanfaatkan bahan penyedap alternatif pengganti micin

1. Rempah-rempah

rempah rempah

Negara kita kaya akan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, merica, lada, kunyit, ketumbar dan masih banyak lain. Semua bahan rempah jika diracik dengan tepat bisa menggantikan micin. Rempah-rempah mampu menambah rasa masakan dan menggugah selera makan.

2. Kaldu alami

kaldu alam

Tulang ayam, sapi, ikan, atau seafood yang direbus dan diberi garam, daun bawang dan bawang putih dapat menjadi kaldu alami yang memiliki citarasa lebih baik. Rebus hingga kaldu dari tulang atau kulit seafood keluar dalam api kecil, air sisa rebusan kaldu dapat dipakai sebagai campuran masakan.

3. Jamur

Protein yang lebih tinggi dari senyawa micin ditemukan pada jamur. Jenis makanan yang satu ini dapat menjadi pengganti micin karena rasa gurih memang sudah terdapat dalam jamur itu sendiri. Bukan hanya itu, jamur juga kerap disajikan sebagai pengganti daging.

4. Ebi kering, udang atau teri

ebi

Penggunaan hasil laut seperti ebi kering, udang atau teri dapat memberikan rasa yang lebih gurih secara alami. Selain kandungan protein alaminya, hasil laut ini dapat memberikan citarasa yang lebih baik dibandingkan MSG. Sebelumnya goreng lebih dahulu ebi, udang atau tering, kemudian campurkan dengan bumbu masakan lainnya.

5. Gula

gula

Tahukah anda kalau gula dapat membuat makanan lebih enak? Caranya cukup tambahkan sedikit gula dalam masakan anda. Perpaduan antara garam dan gula yang pas akan menghasilkan rasa gurih di lidah. Tapi jangan menambahkan gula berlebihan agar masakan tidak kemanisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *