Ingin Jantung Sehat Lakukan Olahraga Ringan ini!

Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ. Untuk mendapatkan jantung yang sehat tentunya seseorang harus melakukan usaha seperti gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung.

Jantung akan bertambah kuat dan sehat jika Anda berolahraga. Orang yang tidak berolahraga memiliki dua kali lipat lebih tinggi risiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang berolahraga. Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa olahraga yang sebaiknya dilakukan dengan teratur untuk menjaga kesehatan jantung anda.

1. Aerobik

aerobik

Aerobik adalah untuk meningkatkan kesehatan dan memperkuat jantung dengan menjaga detak jantung normal. Senam aerobik memerlukan banyak asupan oksigen sepanjang latihan. Olahraga ini juga membuat jantung memompa darah secara lebih efisien. Bagi Anda yang baru pulih dari serangan jantung atau belum terbiasa berolahraga, aerobik dapat dimulai dari latihan low-impact.

2. Jalan cepat

jalan santai

Jalan cepat di pagi hari sangat baik untuk jantung, atau anda bisa melakukan treadmill. Jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung jika dilakukan secara teratur. Selain itu, jalan cepat juga bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk, meningkatkan kolesterol yang baik, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan, dan meningkatkan mood.

3. Bersepeda

bersepeda

Anda bisa bersepeda bersama keluarga tercinta pada pagi atau sore hari selain menyenangkan juga dapat menyehatkan tubuh. Bersepeda secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

4. Berenang

berenang

Manfaat berenang selain untuk melatih paru-paru juga bermanfaat untuk melatih katahanan jantung, dua setengah jam berenang per minggu akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung. Berenang juga bisa menurunkan stres. Selain itu, ketika berenang seseorang akan menggunakan otot yang sebelumnya tak pernah digerakkan tapi olahraga ringan ini tidak memberikan tekanan yang lebih pada tulang dan persendian.

5. Yoga

yoga

Kelihatannya yoga tidak nampak seperti olahraga untuk jantung, sebenarnya manfaat yoga untuk tubuh adalah untuk kekuatan dan kekencangan otot. Tapi yoga juga dapat membuat tekanan darah turun, membuat pembuluh darah lebih elastis dan juga mempromosikan kesehatan jantung. Ditambah lagi dengan model yoga yang lebih aktif seperti Ashtanga dan Bikram, dapat memberikan keuntungan lebih untuk kardiovaskuler karena denyut jantung mengalami peningkatan selama latihan.

Comments are closed.