Makanan Sehat Khas Daerah Indonesia

Selain Kenyang, Makanan Khas Daerah Indonesia Juga Mempunyai Banyak Manfaat

Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat tradisional yang ada didaerah sendiri. Indonesia merupakan negara yang kaya akan makanan sehat dan bergizi.

Apalagi Indonesia yang kaya akan hasil bumi seperti rempah rempah yang mudah didapatkan jadi bahan yang digunakan alami dan lebih aman bagi kesehatan tubuh.

Makanan modern jaman now diakui rasanya lebih enak dan lebih disukai karena lebih praktis dan mudah didapatkan dimanapun dan kapanpun. Seperti mi instan, burger, pizza dan lain sebagainya, sedangkan keberadaan makanan tradisional sudah mulai sedikit tergeser dan kurang diminati. Padahal makanan tradisional Indonesia seperti pecel, gado-gado, dan tahu tempe sangatlah baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini makanan Indonesia yang dipercaya sehat dan memiliki keunggulan gizi, yaitu memenuhi prinsip seimbang, yakni mengandung karbonhidrat, lauk pauk serta sayuran dan buah.

1. Karedok Leunca

leunca

 

Salah satu makanan khas Jawa Barat, yaitu karedok. Untuk membuat karedok leunca sendiri dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: Bahan sayuran yang dibutuhkan hanya leunca dan daun surawung/kemangi seperlunya
Leunca mengandung senyawa glikosida alkaloid solanin, zat samak, minyak lemak, kalsium, zat besi, vitamin A dan C. Buah leunca bisa dimanfaatkan sebagai tonic, diuretic. Buah leunca bisa dipakai obat anti bakteri dan anti kanker. Semua kandungan nutrisi dalam campuran berbagai macam sayuran segar yang terdapat dalam karedok membuat karedok menjadi makanan khas daerah yang sangat sehat.

2. Bubur Manado

bubur manado

Manado terkenal dengan salah satu kudapannya yakni tinutuan atau disebut juga bubur manado. Bingung mau sarapan pagi apa? Coba makan bubur manado bisa jadi menu sarapan dengan gizi yang cukup lengkap.
Bubur manado merupakan makanan sepinggan yang cukup komplit. Untuk diketahui, makanan ini terbuat dari beras, jagung, dan ubi kayu yang dicampur dengan sayur seperti kangkung, bayam, dan kemangi, serta beberapa bumbu dapur.  Sayur-sayuran di dalamnya seperti kita tahu mengandung serat tinggi, kaya akan antioksidan. Serat tinggi bisa memperlancar pencernaan dan baik untuk sistem cerna.

3. Lotek

lotek

Salah satu makanan khas Jawa Barat. Hampir sama dengan gado-gado tetapi di lotek sayurnya lebih banyak dibandingkan gado-gado. Makanan ini memiliki asupan gizi yang lebih banyak untuk tubuh anda. Bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih.
Sayuran hijau memiliki klorofil (zat hijau daun) yaitu pigmen dari tanaman yang warnanya hijau. Klorofil dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia atau kurang darah. Selain itu, klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan memerangi radikal bebas dalam tubuh, anti penuaan dan antikanker.

4. Papeda

papeda

Makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar sagu. Kebanyakan orang menganggap makanan ini berasal dari Papua. Bubur sagu disaring dan ditambahi perasan air jeruk untuk menambah kelezatan rasa, dan ditambah air panas secukupnya kemudian diaduk sampai mengembang.
Mengonsumsi Papeda secara rutin dipercaya mampu menghilangkan penyakit batu ginjal karena sifat Papeda yang dapat berperan sebagai pembersih organ-organ di dalam tubuh manusia. Bagi yang sering merokok,dianjurkan juga mengkonsumsi makanan khas Papua yang satu ini karena dapat secara perlahan membersihkan paru-paru.

Comments are closed.