Makanan Sehat Wajib di Konsumsi Ibu Hamil

makan ibu hamil

Hamil adalah salah satu moment yang dinantikan sebagian wanita yang telah menikah. Dalam masa hamil para ibu ataupun suami pasti ingin menjaga kandungan sekaligus ibunya agar tetap sehat. Faktor kesehatan adalah makanan yang dikonsumsi, makanan yang dikonsumsi harus bergizi karena calon ibu akan mengalami perubahan fisik, psikis dan hormonal yang drastis.

Jadi selama hamil makanan dan stamina calon ibu harus terjaga. Salah makan atau kekurangan nutrisi selama hamil akan berdampak pada perkembangan bayi. Makanan apa saja yang sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin

Daftar makanan sehat untuk Ibu hamil yang wajib di makan

1. Berbahan dasar susu

Selama hamil calon ibu disarankan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar susu. Produk susu terutama Yogurt pilihan yang tepat selama sedang hamil. Atau anda bisa konsumsi susu dan keju secara rutin.
Produk susu mengandung vitamin B, magnesium dan zat besi, jadi tulang bayi dan calon ibu tetap terjaga dan kuat. Kandungan probiotik berfungis menjaga kandungan terhindar dari bakteri, zat anti alegri dan infeksi.

2. Telur

Makanan sehat calon ibu hamil yang bergizi dan mudah didapatkan, telur bisa meningkatkan asupan gizi, terdapat kolin yang nutrisinya penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

3. Ikan Salmon

Sumber vitamin hewani yang wajib dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil. Ikan Salmon yang kaya akan asam lemak omega3, protein serta zat besi dan bisa membantu membentuk kecerdasan otak dan mata pada janin selama dalam kandungan. Ingat ya salmon harus dimasak sampai matang, jangan mengonsumsi salmon mentah seperti sushi dan sashimi.

4. Brokoli dan sayuran hijau gelap lainnya

Sayuran berwarna hijau mengandung sebagian nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber makanan mengandung serat dan dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium dan serat tinggi bermanfaat mengatasi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

5. Kacang-kacangan

Kacang tanah, buncis, kacang polong, kacang kedelai jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan.
Nutrisi sangat penting bagi kesehatan calon ibu serta janin pada trimester pertama. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah resiko kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.

6. Daging tanpa lemak

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi. Dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral yang digunakan sel darah merah. Zat besi lebih dibutuhkan calon ibu karena volume darah mereka akan meningkat selama kehamilan terlebih trimester ketiga.

Comments are closed.