Makanan yang dibatasi untuk Gaya Hidup Sehat

 

makanan kalengDi kehidupan serba instan dan cepat nyaris membuat kita sulit untuk terlepas dari namanya bahan kimia yang ada dalam makanan yang tidak sehat. Sebenarnya semua tergantung pada kita gimana cara kita mensiasatinya. Jika hidup kita sehat maka kita tidak perlu merepotkan orang lain di hari tua kita nanti, sudah siapkah anda untuk hidup sehat?

Gaya hidup sehat seseorang bisa dimulai dari cara menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Menghindari makanan yang tidak baik untuk pencernaan dan merugikan organ tubuh lainnya.

Sejumlah ahli gizi memberi bocoran akan jenis makanan yang patut dihindar jika ingin hidup sehat. Berikut makanan sehat yang wajib dihindari demi kesehatan

1. Makanan Kaleng atau Daging olahan

Dalam makanan kaleng mengandung BPA yaitu bahan kimia beracun terkait dengan kelainan reproduksi, diabetes, penyakit jantung, dan resiko tinggi terkena kanker. Karena daging olahan mengandung bahan kimia yang sudah disuntik hormon, antibiotik dan obat-obatan hewan lainnya tujuannya agar daging tetap segar dan menambah rasa dan warna daging.

Senyawa nitrat yang ada didalam bahan kimia tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamin yang merupakan senyawa karsinogenik yang menyebabkan tingkat kanker lebih tinggi.

2. Penambahan gula

Setiap orang sebaiknya mengurangi atau menghilangkan gula dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Gula bisa menjadi salah satu penyebab utama masalah kesehatan. aspartam dari pemanis buatan akan membentuk metanol dalam tubuh. Metanol ini akan dibawa ke otak dan sumsum tulang, yang kemudian akan diubah menjadi formaldehida yang merusak DNA. Banyak produk olahan yang menggunakan pemanis buatan, diantarnya dalam minuman bersoda.

3. Garam Berlebihan

Kenyataan yang sulit jika harus mengurangi penggunaan garam karena garam mengandung sodium yang memiliki peranan dalam tubuh dan menjadi salah satu komponen penting dalam setiap masakan. Garam yang dibuat secara alami sangat penting untuk kesehatan, tapi terlalu banyak mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi.

4. Margarin

Margarin sarat dengan lemak trans, radikal bebas, pengemulsi, dan bahan pengawet. Semuanya dapat menyebabkan : penyakit jantung, kanker, masalah tulang , ketidakseimbangan hormon, penyakit kulit, infertilitas, dan banyak masalah kesehatan lainnya. Sebaliknya, Mentega yang dibuat dari sapi yang makan rumput kaya akan asam linoleat terkonjugasi, yang membantu untuk melawan kanker dan diabetes.

5. Mie Instan

Rasanya yang enak dan murah membuat banyak orang terutama pelajar dan mahasiswa menjadikan makanan ini sebaggai salah satu makanan pokok sehari-hari. penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan mie instan lebih dari dua kali dalam seminggu dilaporkan mengalami peningkatan risiko sindrom metabolik yang terlihat dari beberapa gejala seperti naiknya tekanan darah, gula darah tidak stabil, kolesterol dan lemak perut meningkat. Dimana semua kondisi-kondisi tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Comments are closed.