Manfaat Buah mengandung Vitamin B kompleks

 

vit b complex

Vitamin B Kompleks menjadi vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B memiliki sifat yang bisa larut dalam air, sehingga tidak bisa disimpan dalam tubuh. Tapi tubuh kita terus membutuhkan vitamin B untuk menunjang kesehatan tubuh dan berbagai peran lain. Bila konsumsi vitamin B berlebihan, maka akan diminimalisir dalam bentuk urine, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya semua makanan memiliki kandungan vitamin b kompleks, hanya saja kandungannya tidak begitu banyak. Vitamin B kompleks terdiri dari 8 vitamin yang masing – masing memiliki fungsi dan tugas penting dalam metabolisme sel tubuh kita.

8 vitamin B kompleks tersebut adalah

vit b

a. vitamin B1 (thiamin)

Salah satu dari vitamin B yang bermanfaat untuk mempertahankan fungsi otak dan juga sistem saraf. Wanita memerlukan thiamin dengan jumlah yang sedikit berbeda dari jumlah thiamin yang dibutuhkan oleh seorang pria.

b. vitamin B2 (riboflavin)

Vitamin B yang satu ini sangat penting perannya yakni untuk produksi sel – sel darah merah di dalam tubuh kita.

c. vitamin B3 (niacin)

Vitamin yang memiliki peran sangat penting untuk kesehatan fungsi saraf kita

d. vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu dalam memproduksi sekaligus pelepasan hormon – hormon tubuh.

e. vitamin B6 (pyridoxine)

Kondisi otak atau darah di dalam tubuh anda sangat bergantung sekali denga jumlah vitamin B6 di dalam tubuh.

f. vitamin H atau vitamin B7 (biotin)

mempunyai peran yang sangat penting bagi proses pertumbuhan. Tanpa adanya biotin atau vitamin B7 yang cukup, proses pertumbuhan seseorang bisa saja terganggu.

g. vitamin B9 (asam folat)

untuk proses produksi DNA dan juga pembelahan sel di dalam tubuh. Khususnya pada wanita hamil, kebutuhan akan vitamin B9 atau folat ini sangat penting untuk dipenuhi.

h. vitamin B12 (cobalamins)

untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia serta untuk menjaga agar sistem saraf tetap sehat. Selain itu vitamin B12 juga berguna untuk membantu menghasilkan energi dari makanan yang sudah kita makan. Serta, vitamin B12 juga berfungsi membantu pembentukan folic acid. Sayangnya vitamin B12 tidak bisa kita dapat dari buah – buahan. Hanya makanan hewani dan makanan – makanan tertentu saja yang mengandung vitamin B12.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B Dari Buah-Buahan

1. Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki rasa yang lezat. Alpukat lebih sering di jadikan jus yang menyegarkan dan juga mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9. Manfaat mengkonsumsi alpukat sangat baik untuk kesehatan jantung, mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang tulang, mengatur kadar kolesterol buruk dan jahat sehingga seimbang dalam tubuh.

2. Buah Blueberi

Blueberi terkenal sebagai buah yang mengandung anti oksidan tinggi. Semua zat antioksidan bisa bermanfaat untuk mencegah dan menyerang zat radikal bebas yang masuk ke tubuh, yang sedang proses diet bisa konsumsi blueberi karena kandungan lemak dan serat yang rendah cocok untuk menurunkan berat badan. Blueberi memiliki kandungan mangan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan membantu vitamin B dalam memecah karbohidrat menjadi sumber energi.

3. Buah Sukun

Buah yang mengandung vitamin B peringkat pertama dimiliki oleh buah sukun. Satu buah sukun yang masih segar mengandung protein, serat, sedangkan untuk vitamin B di dalam buah sukun Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin, Folate, Pantothenic Acid, vitamin B6.

4. Buah Srikaya

Buah srikaya mengandung protein, serat, Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin, Folate, Pantothenic Acid, Vitamin B6.

5. Buah Kurma

Buah kurma dipercaya sebagai makanan penambah darah yang wajib dikonsumsi bagi penderita anemia. Satu gelas kurma mengandung 415 kalori dan 11,8 gram serat. Untuk kandungan vitamin yaitu Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin, Folate, Pantothenic Acid, Vitamin B6.

Comments are closed.