Mata Buram, Malas Pakai Kacamata, Coba Konsumsi Makanan ini

Takut Penglihatan Menurun, Malas Pakai Kacamata Coba deh Konsumsi Makanan Yang Sehat, Apa Sajakah Itu?

kacamata

Kesehatan adalah harta yang paling berharga dan tidak ternilai harganya. Kita bisa menjaga kesehatan dengan makan, minum dan olahraga yang teratur. Terutama Mata adalah jendela dunia kita dengan mata kita bisa mengetahui semuanya.

Menjaga agar mata tetap sehat kita bisa mengkonsumsi makanan yang sehat. Banyak sekali makanan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Khususnya makanan alami yang mengandung banyak vitamin.

Selama ini kita tahu vitamin A untuk kesehatan mata, ternyata Makanan yang mengandung vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Semua zat gizi ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang disebabkan karena faktor usia (membuat ketajaman penglihatan Anda menurun).

Makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan daya penglihatan Anda, dibawah ini ada beberapa makanan yang disarankan untuk kesehatan mata anda.

1. Telur

Telur memiliki banyak kandungan zat gizi yang berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, zeaxanthin dan juga cysteine. Lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Brokoli

Makanan yang kaya akan vitamin C penting menjaga sistem kekebalan tubuh serta indra penglihatan. Antioksidan bekerja untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata. Konsumsi brokoli secara teratur bisa menurunkan resiko penyakit mata seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak.

3. Bayam

Bayam ialah sayuran hijau yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin, fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata. Bayam juga dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak zat besi sehingga sangat aman dikomsumsi sehari-hari.

4. Jagung

Jagung merupakan makanan bernutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jagung juga banyak mengandung vitamin A yang bisa dimanfaatkan dengan cara direbus atau pun dimakan secara langsung. Menariknya jumlah lutein dalam jagung akan meningkat jika jagung sudah siap dimasak.

5. Ikan

Makanan untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah ikan laut. Ikan laut seperti makarel, salmon, ikan teri, dan tuna sangat banyak mengandung Asam lemak Omega 3. Asam lemak yang bisa ditemukan dalam area retina mata anda. Asam lemak Omega 3 membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula, dan juga katarak. Jika kadar asam lemak rendah pada retina, maka dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering

6. Coklat hitam ( Dark Chocolate )

Coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah di mata Anda. Dark Chocolate dapat memperkuat bagian-bagian mata seperti kornea dan retina sehingga memiliki penglihatan yang selalu sehat. Cokelat juga sangat baik untuk dikonsumsi agar dapat meningkatkan mood.

Comments are closed.