Olahraga di Pagi Hari Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Sering Merasa Cepat Lelah, Badan Pegal Coba deh Olahraga di Pagi Hari Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Olahraga di pagi hari merupakan salah satu faktor berpengaruh besar dalam proses menyehatkan tubuh dan menurunkan berat badan. Manfaat olahraga pagi hari salah satunya adalah mendapatkan oksigen segar untuk metabolisme tubuh.

Tetapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara berolahraga yang benar di pagi hari. Akibatnya, meski berolahraga di pagi hari, badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik jadi menurun. Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat.

Asalkan anda tahu teknik yang tepat seperti persiapan, pemilihan waktu, dan jenis olahraga yang cocok untuk anda. So, bagaimana cara olahraga pagi yang baik dan benar?

1. Awali dengan air putih sebelum olahraga pagi

minum air

Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika kamu rajin minum air putih setelah bangun tidur. Karena air putih dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsetrasi otak saat berolahraga.

2. Mulai dari jam 6 pagi untuk mendapat kualitas oksigen murni

waktu tepat olaharaga

Yang namanya olahraga pagi, tentunya harus dilakukan pagi-pagi bukan siang atau sore hari. Waktu terbaik untuk memulai yaitu sekitar jam 6 pagi. Kenapa demikian? Karena waktu tersebut sangat baik untuk memulai olahraga karena Anda bisa merasakan hawa yang sejuk. Jam 6 pagi juga menghasilkan kondisi udara yang menyehatkan paru-paru, sehingga dapat menghindarkan tubuh dari masalah gangguan pencernaan.

3. Lakukan pemanasan sebelum olahraga pagi dimulai

pemanasan

Semua bentuk olahraga yang baik adalah melakukan pemanasan di awal. Hal tersebut sangat wajib agar tidak membuat otot dan tulang cidera dan kram. Olahraga tanpa pemanasan juga sangat rentan membuat kepala pusing dan dan membuat persendian menjadi kaku. Maka lakukan pemanasan dengan cara peregangan atau sambil jalan ringan. Gerakkan seluruh anggota badan dimulai dari kepala, bahu, lengan, pergelangan tangan, hingga kaki.  Pemanasan bisa dilakukan antara 5 sampai 10 menit dengan gerakan sederhana.

4.  Jogging ringan

jogging

 

 

Setelah melakukan peregangan otot dan sendi, tahap berikutnya yaitu jogging atau lari-lari kecil. Anda bisa jogging ringan mengelilingi kompleks atau sekitar rumah kemudian dilanjutkan dengan lari pagi atau jalan cepat. Lakukan jogging sekitar 20 sampai 30 menit untuk membakar kalori dan lemak.

5. Berolahraga pagi sesuai hobi

olahraga hobi

Olahraga sesuai hobi atau kemampuan fisik anda. Ada banyak metode olahraga pagi yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, bermain bulu tangkis, bola basket dan lain sebagianya.

6. Pendinginan

pendinginan

Setelah selesai berolahraga seperti jogging atau berlari, Anda bisa berjalan ringan selama beberapa menit untuk proses pendinginan. Tetapi jika sejak awal Anda olahraga dengan jalan kaki, maka berdirilah beberapa menit agar suhu tubuh, nafas, dan detak jantung kembali normal. Selanjutnya Anda bisa melakukan hal lain seperti mandi atau makan.

Comments are closed.