Rahasia Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Saat berpuasa anda akan mengalami beberapa perubahan pola makan termasuk pola tubuh. Agar anda terhindar dari lesu dan lemas saat berpuasa anda bisa mencoba beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuh anda. Bila biasanya anda bebas mengkonsumsi banyak makanan tanpa jadwal teratur, anda bisa makan dan ngemil saat perut lapar. Tapi saat bulan puasa jam makan anda pada saat sahur dan berbuka.

Jam istirahat anda juga pasti akan terganggu karena anda harus bangun lebih pagi untuk sahur. Perubahan-perubahan tersebut akan berpengaruh pada kondisi tubuh, biasanya diidentikkan dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi.

Berikut tips agar tetap sehat bugar saat menjalankan puasa

1. Saat sahur pilihlah makanan yang berserat

makan berserat

Menu makanan yang berserat, berprotein tinggi, kaya karbohidrat kompleks, buah-buahan dan sayuran. Membuat pilihan makanan sehat bisa bantu tubuh tetap fit selama puasa. Hindari konsumsi makanan yang digoreng dan tinggi lemak.

2. Konsumsi makanan manis saat berbuka

makan manis

Zat gula akan mengembalikan energi anda yang hilang saat puasa. Hindari minum-minuman dingin dan bersoda. Sebab minuman tersebut akan mengganggu kinerja sistem pencernaan. Tetapi jangan banyak konsumsi makanan manis dapat mengakibatkan perut kembung dan sebabkan keterlambatan dalam pencernaan. Hal ini juga menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang akan menyebabkan keinginan berlebih untuk konsumsi makanan manis.

3. Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan

makan berlebih

Berbuka puasa dengan kurma dan air sudah cukup untuk mengisi perut Anda. Jangan langsung makan besar, hal ini disebabkan karena system pencernaan seperti kembung atau kram perut. Anda juga perlu membagi tiga bagian pada hidangan utama. Dalam satu piring seperempatnya diisi dengan karbohidrat kompleks, seperenpat dengan protein dan setengahnya sayuran.

4. Olahraga

olahraga selama puasa

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk malas berolahraga. Memang Anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti biasanya. Namun tidak ada salahnya saat puasa Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 10-20 menit, anda bisa lakukan saat malam hari.

5. Hindari kopi

puasa no kopi

Kopi mengandung kafein serta bersifat diuretik. Hal ini dapat mendorong orang lebih sering buang air kecil dan secara otomatis mengharuskan ginjal bekerja ekstra dalam melakukan proses eksresi. Akibatnya garam dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat puasa akan ikut terbuang. Sehingga tidak dianjurkan minum kopi saat sahur. Perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *